LAMBANG PASPARA

Lambang Paspara
A. Keterangan Lambang Paspara
1. Pasukan Pengibar Bendera (Paspara) SMU Negeri 1 Magelang mempunyai atribut berupa lambang berbentuk gambar obor dengan api yang menyala, di dalam api terdapat bunga melati, diapit oleh dua buah sayap, bintang, buku terbuka, garuda pancasila dengan tali yang melingkari, dan pita bertuliskan Prasetya Bhakti Persada.
2. Lambang Paspara bernama Prasetya Nagari dimana dari nama tersebut dapat diambil analogi bahwa Paspara memiliki keinginan untuk selalu setia kepada bangsa dan negara.
3. Lambang tersebut hanya boleh dipergunakan oleh Pengurus Paspara dan panitia/tim yang dibentuk oleh pengurus Paspara.

B. Makna Lambang Paspara
1. Makna Gambar
a. Bintang, berwarna emas. Anggota Paspara berasaskan Ketuhanan Yang Maha Esa, selalu bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menjauhi segala larangannya.
b. Padi dan kapas, berwarna kuning, hijau dan putih. Anggota Paspara selalu adil dalam segala hal pada saat menjalankan tugasnya dan mempunyai jiwa sosial yang tinggi terhadap lingkungan sekitar.
c. Garuda Pancasila, warna sesuai dengan lambang sebenarnya. Anggota Paspara setiap tingkah lakunya dijiwai nilai-nilai luhur Pancasila yang merupakan cerminan dari kepribadian bangsa.Tujuh Belas bulu sayap, Delapan bulu ekor dan Empat Puluh Lima bulu leher, menggambaarkan hari kemerdekaan Republik Indonesia dimana anggota Paspara berkewajiban memperingati, meneruskan dan mengisi perjuangan bangsa yang telah diproklamasikan.
d. Tali yang melingkar garuda, berwarna biru muda. Anggota Paspara yang memiliki jiwa korps berkewajiban mempersatukan seluruh Anggota Paspara pada khususnya dan seluruh bangsa Indonesia pada umumnya bagaikan suatu rangkaian tali yang kokoh.
e. Buku terbuka, berwarna putih. Anggota Paspara sebagai pelajar mempunyai kewajiban untuk belajar keras menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan ilmu pengetahuan dan teknologi anggota Paspara dapat memberikan sumbangsih terhadap pembangunan bangsa.
f. Obor yang menyala, berwarna emas dan merah. Anggota Paspara sebagai pelajar tidak hanya sebagai pelajar pada umumnya. Anggota Paspara adalah pelajar yang memberikan pelita bagi temannya dan mengobarkan api semangat bagi pelajar yang lain.
g. Bunga melati di dalam api, berwarna putih. Anggota Paspara dalam menjalankan tugas dan kewajibannya didasari dengan jiwa yang suci, dan perasaan ikhlas. Kobaran api semangat yang digelorakan Anggota Paspara berasal dari nilai-nilai keikhlasan, kejujuran, kebenaran dan keberanian.
h. Sayap yang membentang, berwarna emas. Anggota Paspara bersikap gagah berani, mengayomi sesama dan mempunyai cita-cita untuk semakin bertambah maju.
i. Pita bertulikan Prasetya Bhakti Persada, berwarna merah dan putih. Anggota Paspara mempunyai semboyan Prasetya Bhakti Persada yang mengandung arti berjanji untuk selalu berbhakti kepada nusa dan bangsa.
2. Makna Warna.
a. Emas, lambang kemuliaan, keagungan, dan ketinggian martabat. Anggota Paspara merasa suatu kehormatan apabila mengerjakan kegiatan-kegiatan yang mulia. Anggota Paspara juga senantiasa berbuat dan bertindak dengan cara-cara yang mulia.
b. Kuning, warna kemakmuran dan keadilan, menyatakan kekuatan kejayaan. Memberikan efek pemaparan cita rasa yang sukaria dan memberikan prospek yang gemilang, menunjukkan kebijaksanaan pribadi, memberikan kesan tajam. Anggota Paspara merasa bertanggung jawab atas kemakmuran dan keadilan bangsa Indonesia sesuai kapasitasnya sebagai generasi muda. Selalu berusaha untuk tetap mempertahankan kejayaan bangsa.
c. Putih, lambang kesucian, kemurnian dan kepolosan. Anggota Paspara mempunyai jiwa yang suci dan ikhlas dalam menjalankan tugasnya.
d. Hijau, lambang harapan, muda, tumbuh terus/kehidupan, kemenangan dan patriotisme. Anggota Paspara memberikan suasana hidup bagi lingkungan sekitarnya. Tidak pantang menyerah, memiliki semangat dan harapan yang tinggi untuk terus maju dan berkembang.
e. Biru, lambang kesetiaan dan ketenangan, kerinduan, kesyahduan, persahabatan/kedamaian, kedalaman dan keteguhan jiwa, kewibawaan, dan kemantapan langkah. Memberikan efek panorama yang luas dan dingin, suasana tenteram, tenang dan bersih. Membimbing ke arah kebenaran, kedamaian, dan menunjukkan ide-ide yang kreatif. Berkesan tenang melambangkan kedalaman berfikir. Kewibawaan tinggi, dan mantap dalam setiap langkah dan geraknya. Anggota Paspara mantap (tidak ragu-ragu) dalam menjalankan tugas dan kewajibannya serta berprinsip untuk selalu menjaga persatuan dan kedamaian di mana saja.
f. Merah, lambang keberanian, semangat, cinta, gairah. Warna ini memberi efek dorongan serta pengaruh suasana panas, menggetarkan jiwa, menggugah perasaan, memberikan rasa kehangatan. Melambangkan gagah perkasa, menarik perhatian dan bersifat gembira. Anggota Paspara bersikap berani karena benar.
g. Hitam, lambang kesungguhan, ketegasan dan kewibawaan. Sebagai penulisan jiwa yang suka. Anggota Paspara selalu bersikap tegas dalam menentukan sikap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar