KEANGGOTAAN PASPARA



KETERANGAN ALUR KEANGGOTAAN

Pada dasarnya keanggotaan Paspara adalah seumur hidup, namun demikian dikarenakan sebab-sebab tertentu seorang anggota Paspara dapat kehilangan keanggotaannya. Setiap anggota Paspara akan melalui alur keanggotaan sebagai berikut :

1. Siswa/siswi Baru SMU Negeri 1 Magelang (baik melalui jalur paskibra maupun umum)mendaftar menjadi anggota Paspara.
2. Calon anggota Paspara yang telah mendaftar tersebut mengikuti Orientasi Kegiatan Paspara(SIAP) selama 3 hari yang juga merupakan ajang untuk menyeleksi calon anggota Paspara. Sekaligus bagi yang lolos dilantik menjadi anggota Paspara..
3. Setelah menjadi seorang Paspara, diwajibkan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler selama beberapa waktu untuk kemudian pada sekitar bulan September akhir mengikuti LD – PPM. Kegiatan ini juga sebagai penyaringan dari anggota Paspara, untuk kemudian yang lolos dilantik menjadi Paspara Muda.
4. Setelah menjadi Paspara Muda, diwajibkan mengikuti serangkaian kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan Pendidan Pra Utama/kaderisasi Paspara Utama. Pada sekitar bulan Maret/April mengikuti LD – KPU. Kemudian dilantik menjadi Paspara Utama.
5. Setelah menjalani LD – KPU dan menjadi Paspara Utama, maka kegiatan selanjutnya adalah Pendidikan Paspara Utama/Kaderisasi Pengurus Paspara, sampai dengan 17 Agustus, dimana setelah tanggal 17 Agustus sampai sebelum tanggal 1 september merupakan pelantikan dan Pengukuhan Paspara Utama dan Pengurus Paspara yang baru.
Catatan :
1. Selama menjalani masa Paspara Muda, anggota Paspara mendapatkan pengasuhan/bimbingan oleh Paspara Utama/Senior dimana dalam setiap kelompok, Paspara Muda memiliki 1 orang pembimbing dan 1 orang pengawas.
2. Pembimbing bertugas untuk membantu yunior agar dapat menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai seorang Paspara dengan baik.
3. Pengawas bertugas membimbing dan membantu adik-adiknya dalam bidang kedisiplinan, juga berhak untuk memberikan hukuman di tempat.
4. Pada masa Paspara Utama, pengasuhan/bimbingan dilaksanakan secara intensif pada Pendidikan Pra Utama dan lebih intensif pada Pendidikan Paspara Utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar